Laman

Minggu, 12 Februari 2012

Kalibrasi Conductivity Sensor

Bermain dengan conductivity sensor, ada 3 tahap yang mesti kita perhatiin, oiya sebelumnya sekedar info ditempat kami memakai Endurance Rosemount untuk sensornya dan solu camp untuk analyzernya, jadi dibawah ini cara yang kami lakukan untuk kalibrasi conductivity yang mungkin akan signifikan juga dengan merek lainnya :
1. Yang pertama, yang harus kita Kalibrasi adalah analyzernya dengan simulasi inputnya, karena input electrode nya adalah ohm begitupun dengan pengukurannya menggunakan PT 1000, maka kita harus menggunakan Resistor standard untuk menggantikan input RTD dan electrode. Oiya Resistor yang kita pakai tergantung dari range conductivity pengukuran.Di tempat kami karena rangenya 0-10mikroS maka resistor yang kami pakai 10-20KOhm. Persamaannya :
            conductivity (MikroSiemens/cm) = {Cell Constant (/cm)/ Resistance (Ohm)}
Dengan mengetahui Cell constant (biasanya ada dilabel dan bergantung range) dan mengetahui Resistor yang kita gunakan, kita bisa menghitung dan mengetahui Conductivity yang seharusnya terbaca saat kita memasang resistor tersebut, atau kita juga bisa melihat pembacaan Resistor di meter Analyzernya. Untuk Temperatur kita bisa melihat tabel,Conversi Ohm ke Temperatur.
2. Setelah kita yakin Analyzernya berfungsi dengan baik,Yang kedua, Yang mesti kita Cek adalah sensor temperatur PT 1000, yaitu dengan melakukan perbandingan hasil pembacaan sensor PT1000 dengan Thermometer standard.
3. Setelah kita yakin PT 1000 bisa mengukur dengan benar dengan nilai toleransi plus/min 0.1 deg C, maka yang terakhir adalah pengecekan electroda(ditempat kami memakai titanium),dengan sampling  larutan standard sesuai dengan range pengukuran dan membandingkan dengan meter standard, sebelumnya non aktifkan temperatur corection dikedua alat ukur (karena kemungkinan ada perbedaan faktor koreksi).

note: di Point ke 3,Jika hasil dari pembacaan analyzer terlalu jauh, Sebaiknya cek sensor dan lakukan step 1 dan 2 jika masih jauh cleaning sensor, hindari memberikan input dianalyzer yang terlalu berbeda jauh dengan hasil pembacaan dari analyzer karena akan merubah nilai cell constant, kenapa cell constant seharusnya tidak banyak berubah, dan sebenarnya cell constant sendiri itu apa, akan kita bahas di artikel lain,tentang apa itu conductivity dan jenis pengukurannya.semoga bermanfaat..see next.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar